.

Selasa, 06 Maret 2012

Si hitam yang menawan

Si hitam yang legam dengan berbagai rasa yang berpadu dan bercampur secara apik. Dengan balutan deru mesin dan grinder yang meraung, dengan kelihaian seorang peracik yang mencoba menemukan konsistensi rasa yang tak semua orang bisa menerka. Kekhasan aroma yang begitu memikat saat tercium oleh penggemernya di manapun dan dibelahan dunia manapun pasti akan terpikat saat orang tersebut bisa menaklukan rasa dan aroma yang bercampur serasi, ialah kopi. Jenis kopi sendiri sebenarnya banyak bahkan ratusan jenisnya cuman yang paling terkenal kaya selebritis hanya beberapa saja diantaranya :
1. Arabica kopi dengan jenis arabica mempunyai cita rasa yang kaya dan lebih setabil baik aroma maupun konsistensi rasa yang ditimbulkan. kopi jenis ini akan tumbuh di dataran tinggi dengan minimum ketinggian 600m - 1800m diatas permukaan laut serta tinggi pohon antara 4-6 m dan memerlukan waktu tumbuh antara 6-9 bulan untuk mendapatkan masa panen. Di indonesia sendiri penghasil kopi dengan jenis arabica tumbuh di daerah sumatra (aceh, mandhailing, linthing,padang dll), sulawesi ( toraja kolosai ), jawa, bali, flores. Dan saat ini indonesia adalah salah satu negara penyupali kopi terbesar di dunia (tentunya kita wajib berbangga ni bray..).
2.Robusta. kopi dengan jenis ini mempunyai rasa yang cenderung pahit, asam yang sangat tinggi, serta kadar kaffein yang cukup tinggi, cakupan tumbuhnya pun jauh lebih banyak dibandingkan dengan kopi arabica. penanaman dan perawatannya pun tidak semanja arabica, di indonesia jenis ini paling banyak yang dibudidayakan karna dua hal tersebut diatas. kopi jenis robusta dapat hidup di daerah dengan ketinggian 200-2000m diatas permuakaan laut, dengan tinggi pohon dapat mencapai 10m serta jenis robusta cenderung tahan terhadap hama penyakit, tahan dengan suhu panas dan dingin serta berbuah cukup banyak saat panen. nah segitu dulu yak penjelasan dari saya menurut kitab suci kopi tiga rasa.. Kopi merupakan candu bagi sebagian penggemarnya yang begitu mencintainya melebihi cantiknya perempuan berbalut rupa menawan. Selamat menikmati, berdegup dan tercengang oleh keunikan yang tercipta dari sebuah biji kopi yang tak terlupakan.
salam kopi 3 rasa..